Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis

Di era teknologi seperti sekarang ini, tentu saja laptop sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas setiap orang dari mulai untuk kebutuhan pekerjaan, sekolah atau sekedar untuk hiburan seperti gaming dan lain sebagainya. Ada banyak sekali merk laptop yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitasnya bagus, bahkan sekarang banyak laptop yang harganya justru lebih murah timbang smartphone. Namun yang namanya alat teknologi buatan manusia, pasti ada saja error yang terjadi salah satunya adalah masalah baterai laptop yang drop dan cepat habis. Ini biasa terjadi apabila laptop telah lama digunakan dan hampir semua orang mengalami hal seperti ini (baterai laptop nge drop dan cepat habis).

Jelas saja hal ini sangat meresahkan kita sebagai pengguna karena tentu akan menyulitkan kita sendiri terutama saat kita akan menggunakan laptop diluar dimana tidak ada stop kontak dan jika baterai laptop nge drop tentu laptop akan mati. Oleh karena itu disini admin akan share beberapa penyebab baterai laptop drop dan cepat habis serta cara mengatasinya, simak pembahasan berikut:

mengatasi baterai laptop cepat habis

Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Perhatikan Waktu Penggunaan Laptop
Karena pentingnya laptop untuk kebutuhan sehari hari, terkadang kita sebagai pengguna menjadi lupa bahwa bagaimanapun laptop juga perlu istirahat. Laptop yang terus terusan menyala setiap harinya dalam waktu yang lama dan berturut turut tentu akan membuat hardware laptop lelah seperti baterai yang panas dan lain lain. Sangat direkomendasikan apabila anda memperhatikan waktu penggunaan laptop.

Bersihkan Debu Pada Laptop

Selain menjaga penggunaan laptop, anda juga harus selalu rutin memperhatikan kebersihan hardware laptop terutama bagian fan atau kalau perlu sekali kali buka casing laptop dan bersihkan bagian dalamnya. Sudah menjadi rahasia umum kalau laptop yang kotor tentu akan mempengaruhi kinerja hardwarenya dan apabila terlalu kotor. Bukan tak mungkin akan mengganggu kinerja hardware seperti baterai yang akhirnya menjadi rusak.

Hindari Meletakkan Laptop di Tempat Empuk dan Panas

Inilah yang paling sering dilupakan oleh sebagian besar penggunalaptop dimana mereka kurang memperhatikan peletakan laptop yang baik dan benar. Hindarilah meletakan laptop di atas kasur atau bagianyang empuk karenabisa menghambat ventilasi. Selain itu hindari juga menggunakan laptop dengan meletakannya ditempat yang panas misalnya meja luar ruang yang terpapar langsung sinar matahari? Apabila laptop terlalu sering digunakan di tempat yang panas, maka akan menyebabkan baterai bahkan processor menjadi lebih mudah panassehingga bisa beresiko pada kerusakan termasuk pada baterai.

Charger Laptop Sampai Penuh

Langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk mengatasi baterai laptop yang cepat panas dan habis adalah dengan mengecasnya sampai benar benar full 100% daya baterainya. Ini akan sangat membantu karena baterai laptop yang  terlalu sering dicas dan dicabut akan membuat daya laptop menjadi lemah dan bisa menjadi rusak. Bukan hanya laptop saja, hal ini juga berlaku pada perangkat  elektronik lain seperti smartphone dan lain sebagainya.

Ganti Baterai yang Baru

Tips terakhir mengatasi laptop yang cepat habis baterainya dan drop adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Ini dilakukan apabila semua cara diatas sudah dicoba namun baterai laptop tetap drop dan cepat habis. Bisa jadi karena itu disebabkan baterai yang sudah rusak sehingga meskipun dilakukan dengan cara apapun laptop tetap saja cepat mati. Namun jika ingin membelai baterai laptop baru, harap perhatikan keasliannya, jangan sampai menggunakan baterai yang KW.

Itulah tips mengatasi baterai laptop yang mudah panas, drop dan cepat habis. Semoga tips di atas bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang mengalami masalah baterai laptop yang rusak.

Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis | lincah | 4.5